Computer | Microsoft Office | Gadget | Tips Android | Blog | Internet

Cara Mudah Bermain Pokemon Go di Smartphone Android

6 comments :
Masih bingung bagaimana cara memainkan Pokemon Go di Smartphone Android? tenang saja pada artikel ini saya akan menjelaskannya. Sebelumnya, kamu harus sudah menginstal aplikasi apk Pokemon Go terlebih dahulu yang bisa didownload melalui Play Store. Caranya buka aplikasi Play Store lalu cari game Pokemon Go, setelah itu pasang / instal di Hpmu dan tunggu prosesnya sampai selesai.

Setelah game Pokemom Go berhasil diinstal sekarang buka aplikasinya. Pada saat masuk pertama mungkin kamu akan disuruh login melalui melalui akun google, tekan Google. Setelah tekan Google biasanya kamu akan langsung login otomatis karena akun google di androidmu akan langsung terdeteksi oleh aplikasi Pokemon Go. Selanjutnya jika ada notice tekan saja Ok. Kemudian muncul tulisan-tulisan, tekan saja Accept. Dan akan ada lagi tulisan-tulisan yang muncul, tekan saja tulisan itu terus, sampai nanti kamu menentukan kostum playermu sendiri. Jika sudah, tidak lama setelah itu kamu akan masuk ke dalam game dan mulai terlihat mapnya. Berarti kamu sudah bisa bermain Pokemon. Untuk cara mencari dan menangkap pokemon terus baca postingan ini.

- Apa itu Pokemon dan Cara Mencari / Menemukan Pokemon
Pokemon adalah singkatan dari Pocket Monster yang bisa ditangkap sebanyak-banyaknya lalu dapat dilatih untuk melakukan combat (bertarung) dengan pemain lain setelah mencapai level-5. Kamu perlu mencari dan menangkap pokemon sebanyak-banyaknya agar bisa naik level lebih cepat.
Bagaimana cara mencari Pokemon? mudah kok, kamu harus berkeliling untuk menemukan Pokemon. Kalau nanti ada Pokemon terdeteksi maka Hpmu akan bergetar, segera lihat map di Hpmu akan terlihat sebuah atau beberapa Pokemon. Tekan Pokemon tersebut dan kamu akan mulai menangkapnya.

Pokemon ditemukan dan mulai menangkapnya

- Cara Melempar Bola dan Menangkap Pokemon
Untuk menangkap Pokemon kamu perlu melempar bola ke arahnya. Tekan bola (Poketball) yang berada ditengah bagian bawah layar, lalu tunggu garis putih melingkari Pokemon dan perhatikan juga lingkaran kuning yang berada di dalam lingkaran garis putih. Ketika lingkaran kuning mengecil maka itu adalah saat terbaik untuk melempar pokemon dengan bola.


Perlu diperhatikan, lingkaran kuning bisa saja berubah menjadi warna lain seperti hijau, kuning, orange atau tergantung tingkat kesulitan Pokemon. Jika ternyata kamu gagal menangkapnya coba lempar lagi Poketball sampai bisa tertangkap. Untuk Pokemon yang sulit ditangkap sebaiknya ditinggalkan saja dan cari Pokemon yang mudah ditangkap untuk menghemat Poketball agar tidak cepat habis.

Untuk bisa menangkap Pokemon menggunakan kamera kamu harus mengaktifkan mode AR yang berada pada pojok kanan atas, (pada gambar diatas tombolnya ARnya sudah tidak ada karena sudah saya nonaktifkan). Menangkap Pokemon menggunakan kamera ternyata memang mengasyikan karena terasa seakanPokemon berada di dunia nyata. Lalu bagaimana jika Pokemon masih tidak terlihat jika mode AR sudah diaktifkan? baca disini untuk solusinya.

Baca juga: Cara Menangkap Pokemon Menggunakan Kamera (Mode AR)

- Mengenal Bola Warna Merah dan Putih
Masih belum tahu apa itu bola warna merah dan butih? Nah.. inilah yang disebut dengan Poketball, bentuk bulat bewarna merah dan putih, ditengahnya ada bulat kecil.
Poketball digunakan untuk menangkap Pokemon. 1 Poketball dapat menangkap 1 Pokemon. Pokemon yang sudah ditangkap akan tersimpan di dalam Poketball. Poketball sudah ada di awal permainan, meskipun begitu kamu bisa menambah Poketball lagi dengan membelinya atau mengambilnya di PokeStops.

- Mengenal Kotak Biru yang Ada di Map


Dalam Map kamu akan melihat kotak kecil bewarna biru. Kotak itu disebut PokeStop. Sebagaimana yang disebut diatas, PokeStop menyediakan Poketball (bola), Egg (telor), Revive (untuk menambah HP Pokemon yang telah kehabisan energi setelah bertarung), Position, Super Potion, Lucky Egg dan item lainnya. Kamu harus mendekati PokeStop dan memutar gambar yang ada di PokeStop untuk mengambilnya. Sehingga akan didapatkan Poketball, Egg, Rivive, Position, Super Potion, Lucky Egg atau item lainnya untuk menambah exp sehingg lebih cepat naik level.

Mungkin itu itu penjelasan tentang cara bermain pokemon agar cepat naik level. Saya tambah sedikit lagi, pada setiap buka aplikasi Pokemon Go mungkin kalian akan pernah menemukan masalah seperti "Our servers are experiencing issues. Please come back later." atau "Failed to detected location.". Kendala seperti itu sangat banyak ditemukan player terutama bagi pemula. Namun jangan kawatir, itu bukan kesalahan dari androidmu.

Error "Our servers are experiencing issues. Please come back later." terjadi karena server yang tidak kuat menampung pengguna baru yang begitu antusiasnya untuk memainkan game ini. Niantic sang developer juga tidak mengira akan banyaknya peminat dan permintaan dari Pokemon Go. Solusinya agar bisa masuk kalian harus sering coba refresh dan mengulang memainkan Pokemon Go. Sedangkan untuk error "Failed to detected location." terjadi karena settingan GPS yang belum benar atau fungsi GPS belum diaktifkan sehingga Pokemon Go gagal mendeteksi map atau lokasi dimana kalian berada. Dan pastikan juga kuota internet kalian mencukupi untuk bermain Pokemon Go.

6 comments :

  1. Android saya tidak bisa unduh Pokemon Go itu kenapa ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin memorinya penuh gan atau link yang agan temukan itu tidak benar.

      Delete
  2. Hp oppo joy 3 sistemnya udah terbaeu tapi gak ada pilihan ganti partisi,gan
    Mohon bantuannya gan

    ReplyDelete
  3. Untuk Samsung Galaxy j1ace bisa gak main pokemon?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa gan, Samsung Galaxy J1 Ace telah memiliki versi Os Android kitkat (v4.4.4). Minimal spek atau spesifikasi minimum untuk bermain pokemon go adalah kitkat. Jadi, hp agan sudah bisa bermain pokemon.

      Delete
  4. Gan cara main pokemon agar terlihat pokemonnya di kamera (mode AR) gimana ya? teman saya bisa saya kok nggak? kalau mode AR nya dinonaktifkan baru terlihat pokemonnya. Tapi latarnya ya gitu-gitu aja seperti ada rumput dan pohon-pohon gitu. Kan gak asik jadinya. Gak terasa main gamenya nyata.

    ReplyDelete