Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengurutkan Daftar Nama Berdasarkan Abjad di Excel

Tujuan dari mengurutkan daftar nama adalah untuk mempermudah pembaca dalam mencari nama berdasarkan abjad yang ada, misalnya saja susunan berurutan dari A sampai Z. Dalam tutorial ini saya akan menjelaskan cara terebut, mengurutkan daftar nama dengan cepat berdasarkan Abjad pada microsoft Excel 2007. Analoginya, mungkin sebelumnya kita pernah terlanjur mengetik daftar nama di Excel tapi setelah ketikan selesai rupanya kita baru menyadari kalau nama-nama yang diketik tadi belum berurutan sesuai abjad. Akibatnya pembaca akan kesulitan dalam mencari nama nantinya. Nah, untuk itu dalam mengurutkan daftar nama anda tidak perlu melakukannya secara manual seperti menggantinya satu-persatu cukup dengan blok seluruh daftar nama dan pilih menu Short & Filter, maka nama-nama tadi akan terurutkan secara otomatis. Untuk lebih jelasnya perhatikan langkah-langkah dibawah ini.


Cara Mengurutkan Daftar Nama Berdasarkan Abjad di Excel :
1. Siapkan dulu daftar nama yang akan anda urutkan.
2. Jika sudah, blog semua daftar nama tersebut lalu klik Short & Filter yang berada pada bagian pojok kanan atas.
Ingat! yang di blok daftar nama ya. Jangan di blok juga nomornya nanti yang diurut bukannya nama tapi malah nomor.

3. Berikutnya pilih urutan yang diinginkan, misalnya dari A - Z maka klik Short A to Z.
4. Akan muncul kotak dialog, beri centang pada "Continue with the current selection".
5. Terakhir tekan Ok.

Sekarang nama-nama yang ada dalam daftar pada file Microsoft Excel anda sudah berurutan sesuai abjad. Begitulah tutorial cara mengurutkan nama-nama yang ada pada Excel 2007. Semoga bagi anda yang baru belajar microsfot excel bertambah pengetahuanya dan bisa menyelesaikan semua tugas maupun pekerjaan dengan mudah. Jika ada pertanyaan terkait postingan cara menyusun atau mengurutkan daftar nama bisa ditanyatakan pada kolom komentar.

1 comment for "Mengurutkan Daftar Nama Berdasarkan Abjad di Excel"

  1. Paling suka baca kalu blog ada tutorial tentang excel, memang program MS Excel sangat bermanfaat sekali bagi yang suka mengolah data. Salam Kenal mas.

    ReplyDelete