Android | Computer | Microsoft Office | Blog Tips | Adsense

Cara Cek Tipe RAM DRR Komputer Tanpa Buka Casing

8 comments :
Dalam sistem komputer, RAM (Random Acces Memory) merupakan salah satu komponen terpenting yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara yang dapat diakses secara random (acak). Tanpa RAM komputer tidak akan bisa hidup dan tidak dapat menampilkan apa-apa meskipun komponen lainya dalam keadaan normal. RAM juga sangat berpengaruh dan penting untuk kecepatan kinerja komputer. Semakin besar RAM maka semakin cepat pula kinerja komputer. Untuk melihat kerja RAM bisa membuka Task Manager pada sistem komputer kita.

Begitu pentingnya peranan RAM dalam sebuah sistem komputer. Sudah saatnya anda memperhatikan RAM yang anda miliki agar terasa nyaman saat mengoperasikannya.
RAM komputer yang kecil akan mengakibatkan proses data menjadi lambat sehingga komputer akan terasa berat saat dioperasikan. Untuk itu perlu melakukan upgrade pada RAM dengan membelinya satu lagi dengan syarat kedua tipe RAM harus sama. Kenapa harus sama? karena kalau berbeda, bisa saja RAM tidak bisa dipasang atau tidak bekerja dengan baik sehingga komputer nantinya akan bermasalah. Untuk itu perlu membelinya sama dengan tipe yang lama. Mengetahui tipe dan jenis RAM yang lama bisa menggunakan aplikasi CPU-Z. Pada aplikasi ini kita bisa mengetahui tipe DDR RAM yang sedang digunakan, selanjutnya memori RAM, Merk dan Max Bandwidth. Aplikasi ini bisa di download secara gratis di google. Berikut cara menggunakanya.

Cara Cek Tipe RAM DRR Komputer Tanpa Buka Casing
Dalam langkah ini saya anggap anda telah mendownload dan menginstal aplikasi CPU-Z pada komputer anda.
1. Langsung saja buka aplikasi CPU-Z
2. Pada bagian atas klik "SPD"
3. Pada kotak warna merah gambar dibawah ini menunjukan jenis/tipe RAM yang sedang digunakan.


RAM yang digunakan adalah DDR2, dengan total memori sebesar 1024 MBytes atau setara dengan 1GB. Max Bandwidth adalah nilai PC yang tertera di body RAM yaitu PC2-6400(400MHz) dan merk RAM adalah Hyundai Elektronics.

Nah itu dia tipe dan jenis RAM yang ada dalam komputer saya, begitulah cara mengeceknya. Sekarang anda sudah tahu bukan cara ngecek tipe RAM yang ada dalam komputer anda dan cukup mudah. Sebenarnya dengan melihat pada body RAM juga bisa diketahui tapi terkadang rasa malas itu tiba sehingga perlu cara ini untuk mengetaui tipe RAM..

Bagikan artikel ke:

FacebookTwitterGoogle+

8 comments :

  1. Saya habis upgrade ram atau nbah 1 slot ram dari 1 gb jadi 2 gb tapi sering bluescreen, ada solusi gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kemungkinan antara RAM yang satu dengan yang lainya tidak cocok.
      Cara ngeceknya coba gunakan satu RAM, jika tidak bluescreen lagi berarti jelas kedua RAM tidak cocok. Solusi, sebaiknya saat beli RAM bawa RAM yang lama biar bisa sama.

      Delete
  2. Saya pasang ram 2gb tapi terbaca kok kurang dari 2 gb gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oo itu wajar gan, karna setahu saya sebagian terpakai untuk VGA. Coba agan gunakan VGA eksternal biasanya memory akan tetap utuh 2GB.

      Delete
  3. haha selama ini sya sering buka casing, krn kondisi komputer sedang rusak jd tidak bs menyala.. tp nice trik nya mas..

    ReplyDelete
  4. trimakasih atas infonya gan, searang saya tidak perlu membuka komputer.

    ReplyDelete
  5. hanya berlaku untuk pc? soalnya gw coba di laptop x454ya gk bisapas klik sdp kosong

    ReplyDelete
  6. gan kalo liat slot nya 2 atau 1 gmn ???

    ReplyDelete