Android, Komputer dan Teknologi Lainnya

Ada 2 Cara Supaya Bisa Booting Ke Flashdisk / CD-RoM

9 comments :

Biasanya pada saat melakukan install ulang komputer / laptop langkah awal yang harus dilakukan adalah mengatur settingan bios pada komputer supaya bisa booting ke perangkat (Flashdisk atau CD-Rom) tempat penyimpanan installer windows yang telah ditancapkan ke komputer sebelumnya. Untuk melakukan hal ini bisa menggunakan dua cara.

- Cara pertama : Melakukan settingan di bios.
Melakukan settingan di bios adalah suatu cara untuk menempatkan Flasdisk atau CD-Rom pada posisi pertama di menu boot bios, sehingga pada saat awal komputer menyala secara otomatis akan langsung booting ke perangkat yang telah ditempatkan pada posisi pertama tersebut seperti flasdisk atau CD-Rom. Dibawah ini saya buat langkah - langkah cara mengatur bios untuk booting ke flashdisk (untuk CD-Rom caranya sama).

1. Pertama pastikan komputer dalam keadaan mati.
2. Tancapkan flashdisk ke komputer.
3. Nyalakan komputer dengan menekan  tombol power dan langsung tekan tombol F2 berkali- kali sampai muncul tampilan bios (jika bios tidak tampil coba tekan tombol Delete).
4. Jika sudah sekarang atur bios dengan masuk ke menu Boot yang berada diatas.


5. Pilih Hard Disk Drives.
6. Tempatkan Flashdisk ke posisi pertama dengan menekan tombol + pada keyboard.
7. Save dengan menekan F10 kemudian Enter.


- Cara kedua : Melalui boot priority. 
Booting melalui boot priority adalah suatu cara yang dilakukan untuk menampilkan pilihan beberapa device yang terhubung ke komputer untuk booting tanpa harus masuk ke bios. Untuk menampilkan pilihan boot kita cukup menekan tombol F12 saat pertama komputer menyala sehingga akan muncul beberapa device untuk dipilih. Disana kita tinggal pilih ke drive mana kita akan booting misalnya seperti flashdisk maka tinggal pilih flashdisk lalu enter.

Nah,, begitulah cara kedua yaitu cara booting melalui boot priority. Berdasarkan kedua cara diatas berarti sekarang anda sudah bisa melakukan booting ke flashdisk atau cd-rom pada saat melakukan install ulang windows xp, windows 7 windows 8, windows 9 ataupun windows 10 pada laptop/ komputer. Selain melakukan install ulang  juga bisa digunakan untuk booting ghost dan linux flashdisk. Demikianlah pembahasan tentang Cara Agar Bisa Boot Ke Flashdisk / CD RoM Saat Install Ulang.


9 comments :

  1. Terimakasih, sangat membantu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama gan, terima kasih juga telah membaca artikel tentang cara booting ke flashdisk.

      Delete
    2. makasih infonya gan sangat membantu

      Delete
  2. Udah di coba kaya cara di atas tetep ga bisa kenapa ya??

    ReplyDelete
  3. Mau nanya, kmren saya coba di laptop ponakan saya tp menu utk flashdisk/cd tidak ada jadi saya tidak lagi cara menyettingnya bagaimana, mohon bantuannya

    ReplyDelete
  4. bang saya mau nanya saya punya flasdisk tapi kaya cd saya pencet kaya harus masukin cd gimanatu cara ngatasinya?

    ReplyDelete
  5. lengkap penjelasannya.. thanks

    ReplyDelete