Android | Computer | Microsoft Office | Blog Tips | Adsense

Mengatasi Error 5B00 Pada Printer Canon Ip2770

5 comments :
Pada sore ini saya akan berbagi tips tentang permasalahan printer canon ip2770 yang selalu mengalami error dengan kode 5B00 sehingga tidak bisa melakukan printing. Hal ini tentunya membuat kita sangat kesal karena semua pekerjaan yang harusnya sudah bisa di print menjadi tertunda. Seperti saya barusan, ada pelanggan datang untuk ngeprint tugasnya. Dia bertanya, "Bisa ngeprint bang?". Dengan penuh semangat saya menjawab "Bisa! Silahkan.."(waktu itu saya tidak tau kalau printer sedang rusak). Pas ngeprint eh.. tiba-tiba ada masalah error 5B00. Akhirnya saya kesal dan malu sendiri karena tadi saya bilang bisa padahal tidak. Akhirnya semangat saya menjadi pudar dengan datangnya masalah tersebut. Kenapa tidak karena saya menganggap itu adalah permasalahan baru yang belum pernah terjadi pada printer sebelumnya pasti akan terasa sulit untuk diperbaiki. Tapi berkat usaha dan kerja keras akhirnya bisa juga kok,, walaupun banyak kegagalan yang saya temukan. Lalu bagaimana cara memperbaikinya? Berikut penjabaranya.


Printer Error 5B00 sebenarnya adalah suatu masalah yang hanya bersangkutan dengan software jadi tidak ada ciri-ciri kerusakan pada hardware printer seperti catridge, power supply, maiboard ataupun rangkaian lanya. Pada error 5B00 sejauh ini saya belum menemukan kenapa hal itu terjadi, tapi saya telah menemukan cara mengatasinya dan telah berhasil saya terapkan pada printer Canon ip2770. Sebenarnya tutorial ini banyak saya lihat pada blog lain dan hampir sama, tapi saya perhatikan tulisan pada blog tersebut banyak yang kurang lengkap dan banyak yang memberikan komentar bahwa mereka selalu gagal dalam mencobanya termasuk saya sendiri. Berdasarkan hal tersebut akhirnya melakukan percobaan sendiri yang akhir berhasil. Berikut langkah - langkahnya.

Sebelumnya melakukan langkah dibawah download dulu software restter yang bisa didownload pada 4shared. Cari dengan kata kunci : ServiceTool 3200 Ekohasan
Jika sudah selesai download software diatas, klik kanan - extract here. Maka file exe resetter telah anda miliki. Jangan lupa juga siapkan kertas pada  printer karena nanti akan digunakan untuk ngeprint saat memperbaikinya. Sekarang silahkan lakukan langkah dibawah ini.

Cara Memperbaiki Error 5B00 Pada Printer Canon Ip2770:

1. Pertama pastikan printer dalam keadaan mati.
2. Dalam keadaan mati tekan dan tahan tombol resume (lampu orange) sebentar lalu diikuti dengan menekan tombol power (lampu kuning). Sehingga kedua tombol tertekan secara bersamaan.
4. Lepaskan tombol resume, tombol power tetap ditekan jangan dilepas.
5. Ketika tombol power dalam keadaan ditekan, tekan tombol resume sebanyak 6 kali. Pas tekan ke 6 tombol resume ditahan (tidak dilepas). Sehingga kedua tombol tertekan secara bersamaan.
6. Setelah itu lepas kedua tombol, maka komputer akan meminta driver baru abaikan saja.
7. Sekarang, buka file resetter yang telah anda download tadi. Perhatikan gambar dibawah ini.


8. Tekan "Set" pada Clear Ink Counter seperti pada gambar diatas yang ditunjuk panah 1.
9. Setelah itu tekan EEPROM.
10. Jika sudah, matikan printer dan hidupkan kembali.
11. Selamat ! printer anda tidak ada lagi lampu blink secara bergantian (orange - kuning), melainkan sudah bagus seperti biasanya yaitu hanya lampu kuning yang hidup.

Sekarang anda sudah bisa melakukan printing seperti biasanya, hati sudah mulai ceria tanpa adanya error 5b00 atau lampu indikator tidak ngeblink lagi secara bergantian. Baiklah, kalau tidak ada masalah lagi saya rasa cukup itu dulu postingan tentang Mengatasi Error 5B00 Pada Printer Canon Ip2770. Semoga membantu. Berhasil atau tidaknya jangan lupa tinggalkan kommentar dibawah ya? terima kasih..


Bagikan artikel ke:

FacebookTwitterGoogle+

5 comments :

  1. mantap gan berkat bantuan ente gue selamat dari ejekan orang kantor :-D

    ReplyDelete
  2. work gan, terimakasih sangat membantu

    ReplyDelete
  3. KOK PRINTER SAYA HIDUP 2 MENIT,,TP TERUS MATI TOTAL YAA?
    MOHON JAWABAN.

    ReplyDelete