Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengunci Foto atau File di Hp Smartphone Android

Cara kunci foto, video, gambar dan file lainya bisa di lakukan pada hp smartphone android dengan mudah. Kenapa file-file tersebut harus dikunci? jawabannya mungkin tergantung pengguna masing-masing juga lah ya. Bisa saja file tersebut memiliki privasi pribadi sehingga tidak boleh dilihat atau diketahui oleh orang lain. Memang terkadang tidak hanya kita sendiri saja yang memegang hp. Bisa saja hp dipinjam oleh teman, adik, kakak ataupun orang tua tanpa sepengetahuan kita ternyata mereka melihat file-file yang bersifat pribadi dari kita jadi, anda bisa menguncinya. Untuk mengunci file-file yang ada di android cukup mudah.


Sebelum mengunci file alangkah baiknya semua foto, video atau file lainya ditempatkan dalam satu folder terlebih dahulu biar nanti kita mudah sewaktu menguncinya tetapi kalau dikunci satu persatu juga bisa kok. Dan yang paling penting untuk diingat gunakan kata sandi yang sama pada setiap foto biar nanti tidak lupa. Dalam melakukan hal ini kita hanya perlu mempunyai satu buah aplikasi dengan mendownloadnya di Playstore pada android Anda. Supaya lebih jelasnya silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Cara Mengunci Foto atau File di Android:
1. Pertama silahkan download dulu aplikasi "ES File Explorer" di playstore.
2. Jika sudah buka aplikasi "ES File Explorer" lalu cari file yang akan dikunci atau yang mau disembunyikan., misalkan ingin kunci beberapa buah foto saja.
3. Tandai foto-foto yang akan dikunci.
4. Kemudian klik "More" yang berada pada pojok kanan bawah.
5. Setelah itu pilih "Encrypt", buat sebuah passwod yang mudah untuk di ingat dan tekan Ok.

Maka foto anda telah terkunci dan tidak akan lagi tampil di galery. Begitu juga caranya dengan file lain selain foto. Kalau ingin sembunyikan semua file yang ada dalam folder maka cukup tandai folder tersebut dengan cara tekan dan tahan. Pilih "More" yang berada pada pojok kanan bawah, pilih "Encrypt" lalu buat sebuah password layaknya seperti langkah diatas. Maka semua file yang ada dalam folder akan terkunci.

Untuk membuka kunci juga sama caranya dengan mengunci, tekan dan tahan foto/folder pilih "More" pada sudut kanan bawah. Kemudian pilih "Decrypt". Masukan password. Selesai..
Begitulah caranya mengunci foto atau file pada android.

3 comments for "Cara Mengunci Foto atau File di Hp Smartphone Android"

  1. ane punya masalah disini, paswordnya ane lupa. apakah ada solusi lain untuk membuka foto yg udah di kunci??

    ReplyDelete
  2. Aq lupa paswordnya...gmna cara resetnya..mohonbabantuanya..

    ReplyDelete
  3. Saya pasang ES3 tapi ngak bisa ngnci file
    Versi yg lama dulu bisa gan.
    Sya cari2 ngak ada lagi versi lamanya

    ReplyDelete